Jangan Lupa Bahagia

Breaking

Thursday, February 19, 2015

Tag Kondisional Yang Lebih Simpel

Mad Trik - Sudah tau apa itu "Tag Kondisonal", tag kondional adalah kode HTML atau penanda yang digunakan untuk 'menandakan' sebuah objek atau elemen atau sebuah bagian-bagian tertentu yang ada di dalam template blog kamu. Misalnya bagian artikel atau posting atau bagian halaman statis dsb.

Nah, jika pada bagian-bagian diatas tadi kita taruh tag kondisional ini, contohnya saja kita taruh penanda <MainPage> </MainPage>, maka hasilnya nanti adalah bagian itu hanya akan muncul pada halaman depan blog saja. "Loh, kok tag kondisionalnya seperti itu ?".

Ya....sebenarnya saya juga baru mengetahui hal ini juga tadi setelah melihat artikel terbaru dari My Blogger Trick, disitu memberitahukan tag kondisional Blogger 'terbaru', entahlah apa ini adalah hal yang baru atau tidak di Blogger. Tapi setelah saya cek di halaman bantuan Blogger tentang tag kondisional, sepertinya ini bukan hal yang baru, mungkin.

Entah ini baru atau tidak, kalaupun tag kondisional ini sudah lama, berarti saya yang ketinggalan berita tentang Blogger.

Yasudahlah kalau begitu, sekarang kita lihat saja beberapa kode tag kondisional yang 'baru' itu:

<MainPage>  ...  </MainPage>
<ArchivePage> ...  </ArchivePage>
<ItemPage> ...  </ItemPage>
<MainOrArchivePage> ... </MainOrArchivePage>

Untuk sementara hanya ini saja beberapa tag kondisional yang menurut saya simpel untuk digunakan dan lebih mudah dihafal kodenya dibandingkan dengan yang ini:

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>  ...  </b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> ... </b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'> ... </b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'> ... </b:if>

Tapi sayangnya tag kondisional ini sejauh yang saya tau tidak ada tag untuk pengecualian, seperti dibawah:

<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>  ...  </b:if>

Jika ada, tolong beritahu saya. Karena hanya itu saja yang saya tau tentang tag kondisional yang katanya baru ini.

Jadi jika dilihat-lihat dibandingkan dengan tag kondisional yang simpel itu, tag kondisinal yang lebih rumit lebih banyak ragamnya atau jenisnya. Meskipun begitu tag kondisional yang baru ini patut dicoba di blog kamu. Jika bingung bagaimana cara menggunakannya, caranya cukup mudah bahkan sama saja seperti menaruh tag kondisional seperti biasanya:

<ItemPage>
...
<a href="http://madtrik.blogspot.com">Baca artikel terbaru saya!</a>
...
</ItemPage>

atau:

<ArchivePage>
...
<a href="http://madtrik.blogspot.com">Baca artikel terbaru saya!</a>
...
</ArchivePage>

ya, kira-kira seperti itulah contoh penggunannya.

No comments:

Post a Comment