Jangan Lupa Bahagia

Breaking

Wednesday, March 11, 2015

#1 Apa itu Bootstrap ?

Mad Trik - Ada yang sudah tahu apa itu Bootstrap ?. Itu loh framework responsif HTML, CSS, dan Javacript yang paling populer untuk para kodinger yang ingin membuat sebuah situs ataupun blog lebih cepat dan mudah.

Tabel Bacaan

Apa belum tahu apa itu Bootstrap ?. Sama dong saya juga sebanarnya baru tahu, makanya langsung saya publikasikan disini tentang rangka ini biar kita bisa belajar bersama-sama.

Baiklah kalau kamu benar-benar belum tahu, disini saya akan membahas tentang framework (rangka) yang paling populer ini.

Apa itu Bootstrap ?
Bootstrap.

Apa Itu Bootstrap ?

Bootstrap itu adalah, framework atau rangka responsif yang gratis, yang dibuat dan dikembangkan oleh media sosial yang paling populer yaitu, Twitter. Dan kemudian rangka open-source ini pun menjadi populer di kalangan para pengembang dan web desainer di dunia.

Bootstrap dibuat pada pertengahan tahun 2010 yang lalu. Dan secara resmi dirilis pada tahun 2011 atau lebih tepatnya tanggal 19 bulan Agustus yang lalu.

Didalamnya terdapat beberapa alat yang bisa mempermudah kamu untuk membuat sebuah situs atau blog yang mengedepankan tampilan yang responsif. Bootstrap itu sendiri awalnya bernama 'Twitter Blurprint', yang dibuat oleh Mark Otto & Jacob Thornton.

Bootstrap kompatibel dengan versi terbaru dari Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari dan browser, meskipun beberapa dari browser ini tidak didukung pada semua platform.

Dimulai dengan versi 3.0, Bootstrap mengadopsi filosofi mengedepankan desain mobile, dan menekankan desain bawaan yang responsif. Saya kutip beberapa dari Wikipedia.

Kenapa Kamu Harus Memakai Bootstrap

Ada beberapa alasan yang membuat kamu harus memakai rangka Bootstrap ini. Selain tampilannya yang menarik dan lebih modern ada beberapa alasan lain yang mungkin akan membuat kamu tertarik dengan rangka Bootstrap ini:

1. Cocok Buat kamu yang pemalas

Lah apa maksudnya ini ?. Iya rangka ini memang benar-benar cocok buat kamu yang tipenya seperti ini. Kenapa disini saya bilang pemalas, karena Bootstrap sudah menyediakan semua yang kamu perlukan di dalam CSS, HTML, dan pastinya Javascript.

Dengan Bootstrap yang kamu lakukan hanyalah mengatur elemen-elemen yang kamu rasa tidak cocok posisinya atau bentuk, atau yang lainnya. Dan inilah kenapa saya jatuh cinta dengan dedek Bootstrap ketika pertama kali berjumpa (yaa, sebenarnya bukan pertama kali sih).

2. Gratiiss !

Yup, Bootstrap dirilis dengan lisensi MIT. Yang artinya kamu tidak perlu repot-repot dengan menghabiskan uang kamu hanya dengan framework keren macam ini. It's totally free !.

3. Responsif

Ini nih yang pasti di idamkan oleh para pembuat template Blogger di Indonesia. Yaitu fitur yang responsif alias bisa kompatibel di segala ukuran layar. Entah itu layar ponsel pintar ataupun layar tablet. Dengan Bootstrap tampilan blog atau situs kamu bisa cocok disemua jenis layar (lama-lama saya terlihat seperti sales ya ?).

Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk membuat kode CSS media-query secara manual (ya, ada beberapa yang memang harus dibuat secara manual disini) yang panjangnya dari ujung pulau jawa sampai ke ujungnya lagi. Itu kenapa saya bilang pemalas pada poin nomor satu.

4. Kompatibel Di Seluruh Browser

Bahkan kompatibel untuk browser IE versi 8 keatas, yang biasanya sulit banget untuk bisa mecocokan sebuah desain dengan browser bawaan Micorsoft ini. Itu jika kamu mengikuti instruksi yang sudah dijelaskan secara detail di halaman Bootstrap.

Ini jugalah yang membuat saya jatuh cinta dengan rangka ini. Konsistensinya di seluruh browser, jadi nanti kamu akan melihat hal yang sama di browser yang berbeda. Tidak perlu repot-repot menulis ulang kode CSS untuk mengatur desain di seluruh browser.

5. Pembaruan

Pihak pengembang Bootstrap selalu melakukan pembaruan setidaknya dua kali dalam satu tahun, ya satu tahun. Jangan heran kenapa membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melakukan pembaruan ini.

Begitu pengembang web menemukan suatu masalah di Bootstrap, tim Bootstrap pun akan segera memulai untuk memperbaiki masalah itu.

6. Dapat Disesuaikan

Aspek terbesar yang ada didalam rangka Bootstrap adalah, kamu bisa mendesainnya dengan selera kamu sendiri. Kamu dapat duduk manis dan makan cemilan sambil mengaduk-aduk seluruh kerangka yang ada dan membuat apa yang kamu butuhkan dan membuang apa yang tidak dibutuhkan.

Yang membatasi hal ini adalah kreatifitas kamu sendiri, kamu bisa saja membuat template dengan gaya magasin, ataupun satu kolom, dua kolom, tiga kolom itu semua tergantung dari kreatifitasmu sendiri.

Pengalaman Saya

Saya sendiri sudah membuat satu template Blogger yang awalnya untuk coba-coba saja dan sekalian belajar tentang rangka Bootstrap ini. Awal saya tertarik dengan rangka ini adalah ketika berkunjung ke salah satu forum untuk para Blogger Indonesia, dan kemudian menemukan thread yang dibuat oleh salah satu anggota forum tersebut.

Dia pertama kali memberikan kerangka dasarnya saja untuk membuat template yang dibuat dengan rangka Bootstrap ini, kemudian dia pun juga memberikan contoh dari hasil akhir template yang dibuat dengan kerangka super keren ini.

Dan saya pun mulai memperlajari meskipun agak bingung juga pada di bagian col-sm dan keluarganya. Saya pun masih mempelajari hal ini.

Intinya

Kamu harus segera mencoba front-end framework ini di template blog kamu, hasilnya tidak akan mengecewakan kok, saya jamin deh. Saya sendiri sudah mencoba loh, dan tidak lupa juga saya berterima kasih yang sebanyak-banyaknya untuk orang yang sudah mengenalkan saya terhadap rangka Bootstrap ini.

Jangan khawatir, buat kamu yang ingin membuat template Blogger sendiri, di blog Mad Trik ini nanti akan saya jelaskan deh satu-persatu (insya-allah) tentang membuat template yang dibuat dengan rangka Bootstrap ini.

Tolong ingatkan saya akan hal ini, karena terkadang saya khilaf alias lupa dengan apa yang pernah saya ucapkan. Semoga artikel yang saya publikasi ini bisa membantu kamu memahami rangka Bootstrap. Mata ne ~

No comments:

Post a Comment