Jangan Lupa Bahagia

Breaking

Monday, June 23, 2014

Cara Membuat Tag Anchor Di Blog

Cara Membuat Tag Anchor Di Blog

Ada yang tahu sama Tag Anchor atau orang Indonesia biasa menyebut ini Jangkar Teks atau Teks Jangkar dan lain-lain. Tag anchor ini sering digunakan di website WikiPedia. Dan fungsi dari tag anchor ini adalah untuk mempermudah pengunjung untuk membaca artikel di blog atau website kita yang memiliki ratusan atau mungkin ribuan kalimat. Contoh sederhana ada pada artikel saya yang sebelumnya yang berjudul "Tips Menulis Artikel Yang Baik untuk Blog Kamu".

Jadi intinya adalah untuk membuat pengunjung di blog kamu yang males membaca paragraf yang seperti ini dan ingin langsung menuju ke apa yang ingin dia cari atau apa yang ingin dia tahu.

Cara membuat Tag Anchor

1. Ketika kamu mau membuat sebuah artikel di akun bloggermu. buatlah sebuah tautan atau link. yang seperti ini:

<a href="#anchor">Tautan Anchor</a>

2. Selanjutnya buatlah tag yang seperti ini di paragraf mana yang kamu mau untuk langsung menuju ke bagian itu:

<a name="anchor">Tujuan Anchor Teks</a>

3. Jika sudah selesai publikasi artikel kamu tadi, dan lihat hasilnya.

Sebaiknya jika ingin menggunakan tag anchor ini, selesaikan dulu artikel yang akan kamu buat, lalu setelah selesai pindahlah dari mode Compose ke mode HTML. Dan buatlah tag anchor seperti diatas. Dan yang perlu kamu ingat setelah berpindah ke mode HTML, jangan sekali-kali pindah lagi ke mode Compose. Karena itu akan merubah tautan yang ada di tag anchor ini. Jadi jika sudah selesai semua langsung saja publikasi artikel kamu tadi.

- Jika tidak berfungsi cobalah untuk mengecilkan ukuran browser kamu, lalu coba klik tautan anchornya. Dan perlu diingat juga tautan anchor hanya bekerja jika teks yang dituju tidak dapat dilihat di area jendela yang sama. Jadi kalau artikel kamu tidak terlalu panjang-panjang amat tidak perlu pakai ini.
- Jika kamu menggunakan 2 atau lebih kata pada anchor teks gunakan format yang seperti ini nama_anchor.

No comments:

Post a Comment