Jangan Lupa Bahagia

Breaking

Wednesday, January 14, 2015

Google Domains Telah Diluncurkan Di Amerika

Baru-baru ini atau lebih tepatnya kemarin 13 Januari 2014, Google telah meluncurkan layanan baru yaitu 'Google Domains'. Layanan ini didirikan untuk membeli ataupun menjual domain. Sayangnya layanan ini masih dalam tahap Beta, layanan ini mungkin hanya tersedia di daratan negara Adidaya saja alias negara Amerika.

Baca Juga: Fitur Baru Blogger 'Campaigns', Apa Itu Campaigns?

Saya tahu itu ketika saya mecoba untuk mendaftarkan domain baru untuk blog kita tercinta ini di Google Domains, ada sebuah informasi yang muncul yang intinya memberitahukan kita layanan ini mungkin untuk sementara hanya tersedia di Amerika saja. Entah, kapan layanan ini akan di buat secara global atau mendunia agar bisa dipakai untuk semua orang.

Mencoba mendaftar di Google Domains
Saya mencoba untuk mendaftar di Google Domains.

Dan salah satu fitur yang menarik menurut saya di Google Domains ini adalah kita bisa memberi nama domain untuk situs atau blog kita sesuai yang kita inginkan, misalnya seperti madtrik.tips. Dan seperti yang kamu lihat pada gambar diatas domain yang saya daftarkan berharga $20 saja atau jika dirupiahkan sekitar IDR 200.000+.

Peningkatan lainnya untuk pelayanan publik termasuk, tampilan dashboard yang disederhanakan untuk mengelola domain, setting website dan email, pencarian dan saran pengalaman ditingkatkan, integrasi DNS yang lebih dinamis, ditambah kemampuan untuk mendaftarkan domain dengan akhiran lebih dari 60 domain baru seperti .company, .florist, dan .coffee. (Untuk daftar lengkap ujung nama domain bisa dilihat di halaman ini Google Domains Pricing. Untuk beberapa tahun ke depan, ICANN akan merilis lebih dari 1.300 ujung nama domain baru, sehingga daftar ini akan memperluas dari waktu ke waktu.).

Sepertinya akhiran domain .com sudah mulai kehilangan kekuatannya untuk tahun-tahun berikutnya. Tapi saya sebagai Blogger pas-pasan harga $20 masih terlalu mahal untuk ukuran dompet saya.

Banyak lagi fitur baru lainnya seperti yang sudah dikatakan di blog resmi Google disini Google And Your Business.

Layanan ini diberi status "Beta", Google masih bekerja untuk menambahkan lebih banyak fitur lagi untuk layanan barunya ini sebelum benar-benar diluncurkan secara umum atau global.

Dan ketika membaca beritanya di TechCrunch, para komentator yang ada diasana terlihat antusias sekali dengan adanya layanan baru Google Domains ini, bahkan ada yang ingin berpindah dari layanan lainnya seperti GoDaddy ke Google Domains.

Dan satu kata yang bisa saya katakan disini:

Google mulai mendominasi dunia internet.

No comments:

Post a Comment