Jangan Lupa Bahagia

Breaking

Friday, February 27, 2015

Beberapa Mitos Tentang Meningkatkan Ranking Alexa

Mad Trik - Setelah saya mencari di internet dengan kata kunci "Cara meningkatkan ranking Alexa", ada beberapa artikel yang saya rasa cukup menarik untuk dibaca. Dan menurut si penulisnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan ranking Alexa kita.

Mitos Meningkatkan Ranking Alexa.
Mitos-mitosnya.

Tapi yang jadi pertanyaan saya: "Apa itu benar-benar ampuh untuk meningkatkan ranking Alexa kita ?". Beberapa memang benar-benar terbukti untuk meningkatkan ranking alexa kita, tapi ada beberapa yang tidak masuk akal.

Seperti memasang toolbar dan klaim blog kamu di Alexa, tapi apa semua itu benar atau hanya mitos saja *Tumben saya bisa menulis seserius ini*.

Tabel Bacaan

Dan beberapa hal yang tidak masuk akal itu akan saya tuliskan disini, biar semua tahu dan meluruskan artikel-artikel yang bengkok, nanti bukannya untung malah buntung.

Inilah mitos tentang cara meningkatkan ranking alexa


1. Memasang Alexa Toolbar dan Alexa Widget bisa meningkatkan ranking ?

Untuk mitos nomor satu sengaja saya tulis pertama kali, karena kebanyakan artikel yang saya baca merekomendasikan hal ini. Tapi apakah ini benar-benar bisa meningkatkan ranking Alexa kita ?, jawabannya adalah tidak sama sekali !.

Kenapa ?. Karena pengukuran Alexa itu berdasarkan oleh beragam faktor. Jadi tidak hanya dari toolbar dan widget yang dipasang di blog kamu saja.

Untuk Alexa Toolbar:
Ini hanyalah salah satu dari banyak ekstensi browser yang melihat data-data Alexa yang ada di blog kamu.

Justru peningkatan ranking Alexa itu ada pada situs yang telah menginstal atau memasang kode sertifikasi Alexa dan Alexa pun langsung menghitung lalu lintas dari semua pengunjung ke website atau blog kamu.

Tidak peduli apakah sudah atau belum mereka memasang ekstensi browser Alexa Toolbar ini, hasilnya akan sama saja.

Untuk Widget Alexa:
Penjelasan singkat saja. Ini hanyalah sebuah widget kecil. Coba kamu pikir saja dulu secara logika *haduh bawa-bawa logika, saya aja gak tau apa itu logika*, apakah hal kecil seperti ini bisa meningkatkan ranking Alexa kamu, tidak kan ?

Memang memasang dua benda ini adalah hal yang bagus tapi tidak wajib. Dan tujuannya memasang toolbar dan widget ini hanya sekedar untuk melihat atau memantau perkembangan blog kamu saja di Alexa, tidak lebih dari itu. Jadi bisa saya katakan dua hal ini tidak mempengaruhi ranking Alexa kamu sama sekali.

2. Klaim website / blog kamu di Alexa

Nah, ini juga banyak yang bilang kalau klaim blog kamu di Alexa itu bisa menguruskan ranking Alexa. Dan ternyata hal itu hanyalah mitos belaka.

Mau blog kamu diklaim atau tidak, asalkan kamu sudah memasang kode sertifikasi atau meta tag Alexa ke dalam blog kamu, itu sudah lebih dari cukup kok. Contohnya saja blog saya yang lain, padahal tidak dipasang kode sertifikasi ataupun di klaim Alexa tetap saja menghitung blog itu.

Klaim ini sebenarnya hanya untuk memberitahu bahwa blog kamu itu diakui atau.....apalah itu......ya pokoknya begitu deh....

3. Trafik meningkat, Alexa menurun ?

Saya juga belum yakin sama hal ini. Karena pembaruan Alexa ini setiap hari, tetapi penghitungan Alexa itu adalah berdasarkan trafik blog sejak 3 bulan yang lalu.

Jadi, hari dimana lalu lintas di blog kamu meningkat drastis, hanya sekitar 1 dari 90 (silahkan di hitung sendiri) lalu lintas saja yang digunakan untuk menentukan peringkat blog atau situs kamu. Juga, perubahan lalu lintas atau trafik ke situs lain juga dapat mempengaruhi peringkat blog kamu juga.

4. Membayar Alexa agar peringkatnya lebih baik

Jawabannya tidak sama sekali !. Benar memang untuk akun yang premium alias berbayar itu dapat meningkatkan trafik atau lalu lintas ke blog kamu, yang pada akhirnya mungkin akan mengarah pada peringkat yang lebih bagus.

Jika kamu sudah memasang kode sertifikasi Alexa di blog kamu, maka Alexa akan dapat langsung mengukur lalu lintas yang ada di blog kamu, bukan sekedar memperkirakannya saja.

Pengukuran langsung akan memberikan hasil yang lebih akurat di blog kamu, tetapi hasil yang lebih akurat bukan berarti peringkat blog kamu akan lebih baik loh.

Kamu ragu dengan tulisan ini, monggo mampir dulu ke blog resminya Alexa. Disana sudah dibahas kok tentang mitos meningkatan ranking Alexa ini yang ditulis sama senior produk manajer di Alexa, Greg Orelind.

Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga buat kamu yang tertipu dengan adanya tips-tips palsu dari blog lain bisa sadar dan tetap:

Alexa jangan diperatiin. Yang penting jumlah kunjungannya.
Ridha Harwan.

Intinya alexa itu usahakan selalu rajin update artikel setiap hari. Dan jangan lupa share artikel di sosmed dan sosbok lalu rajin juga blogwalking.
Info-menarik.net.

Jika ada pertanyaan boleh kamu ajukan ke MK......maksud saya ke blog ini.

No comments:

Post a Comment